Brigade Infanteri 1/Marinir

Brigade Infanteri 1/Marinir atau Brigif 1/Mar adalah salah satu Komando Pelaksana (Kolak) dari Pasukan Marinir 1 yang bermarkas di Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Brigade Infanteri 1 Marinir merupakan salah satu kekuatan inti Pasukan Marinir 1 dalam mendinamisasikan tugas, fungsi dan peranannya, baik sebagai salah satu komponen pembangunan bangsa. ”Sebagai inti kekuatan pasukan pendarat Amfibi, Brigif 1 Mar mengemban misi pembinaan dan penggunaan kekuatan dalam bidang pembinaan Brigif 1 Marinir memiliki pokok membina kemampuan sebagai pasukan pendarat amfibi. Sedangkan dalam penggunaan kekuatan Brigif I Marinir
bertugas melaksanakan pengamanan dalam negeri, operasi pendaratan amfibi, operasi pengamanan pantai serta pulau terluar strategis wilayah Indonesia,”.

Sejarah
Brigade Infanteri-1/Marinir lahir pada tanggal 17 Januari 1963 dengan nama awal "Pasukan Komando Armada Satu" yang berkedudukan di Surabaya[1] dengan membawahi tiga batalyon
yaitu Batalyon Infanteri-1 Marinir, Batalyon Infanteri-3 Marinir dan Batalyon Infanteri- 5 Marinir. Pada tanggal 17 Januari 1979, nama Pasukan Komando Armada Satu berubah menjadi "Brigade Infanteri-1/Marinir" dengan dasar Skep Dankormar No. Skep /14/IV/1979 tanggal 17 April 1979, lalu pada tahun 1987 Mako Brigade Infanteri-1/Marinir mulai menempati tempat baru di Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Tanggal 17 Januari 2013, Brigif-1 Marinir genap berusia 50 tahun, dalam kurun waktu 50 tahun tersebut, Brigif-1 Marinir telah mengalami pergantian pejabat Komandan Brigif-1 Marinir sebanyak 28 kali. Saat ini Komandan Brigif-1 Marinir dijabat oleh Kolonel Marinir Y. Rudy Sulistyanto menggantikan pejabat sebelumnya Kolonel Marinir Markos.

Struktur
Brigade Infanter 1/Marinir dalam struktur organisasi dipimpin oleh seorang Perwira Menengah (Pamen) dengan pangkat Kolonel dan membawahi 3 Satuan Pelaksana (Satlak) antara lain :

Batalyon Infanteri 1/Marinir (Tanjung Perak, Surabaya)
Batalyon Infanteri 3/Marinir (Gedangan, Sidoarjo)
Batalyon Infanteri 5/Marinir (Ujung, Semampir, Surabaya)
( id.wikipedia)